Selamat datang di blognya Keluarga Besar Teknik Kimia UAD Yogyakarta, semoga bisa menjadi media silaturrahim bagi mahasiswa dan alumni Teknik Kimia UAD.

Kamis, 22 Oktober 2009

Memahami Informasi Dalam MSDS


Setidaknya ada 8 informasi penting yang ada dalam MSDS. Mari kita bahas satu persatu.

Bagian-1 Identifikasi Bahan
Pada bagian ini disajikan informasi mengenai nama dagang dan sinonim dari bahan kimia yang dimaksud. Termasuk di dalamnya adalah rumus molekul dan data perusahaan pembuatnya beserta alamat dan nomor telepon penting yang dapat dihubungi.

Bagian-2 Komposisi Bahan Kimia
Persentase masing-masing komponen bahan kimia B3 disajikan di bagian ini, dengan konsentrasi terendah sama dengan atau lebih dari 1%. Atau minimum 0.1% untuk bahan kimia karsinogek atau penyebab kanker.

Bagian-3 Sifat Fisika dan Kimia
Sifat fisika dan kimia yang ditampilkan dalam MSDS antara lain warna dan bau, titik didih, tekanan uap, densitas dan kelarutan.

Bagian-4 Data Potensi Kebakaran dan Ledakan
Bagian ini berisikan informasi mengenai potensi bahaya kebakaran dari bahan kimia B3, serta hal-hal yang perlu diperhatikan manakala terjadi kebakaran. Informasi tersebut diantaranya adalah flash point, jenis pemadam kebakaran yang tepat dan prosedur penanganan kebakaran.

Bagian-5 Data Potensi Bahaya Terhadap Kesehatan
Di dalamnya dijelaskan mengenai pengaruh paparan atau exposure bahan kimia B3 terhadap kesehatan, beserta tanda dan gejala bila terkena paparannya. Selain itu, dijelaskan pula cara bahan kimia tersebut kontak dengan tubuh (kontak dengan kulit, terhirup, tertelan, terciprat,dan lain-lain) dan target organ tubuh yang paling rentan terkena dampak negatifnya.

Bagian-6 Data Reaktifitas
Bagian ini menjelaskan tentang tingkat reaktifitas suatu bahan kimia berbahaya bila tercampur dengan bahan kimia lain, atau bila disimpan di dalam tempatyang tidak sesuai.

Bagian-7 Prosedur Penanganan Tumpahan, Kebocoran dan Limbah
Bagian ini berisikan informasi tentang peralatan yang tepat untuk digunakan dan prosedur atau tata cara apabila terjadi tumpahan atau kebocoran. Selain itu, dijelaskan pula mengenai tata cara pembuangan limbah bahan kimia berbahayadan hal-hal yang perlu diperhatikan selama penanganan dan penyimpanan.

Bagian-8 Tindakan Pengendalian Untuk Mengurangi Bahaya
Bagian ini berisikan informasi mengenai tindakan-tindakan pengendalian yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya, seperti penyediaan sarana ventilasi, prosedur kerja yang aman dan alat pelindung diri yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar