Selamat datang di blognya Keluarga Besar Teknik Kimia UAD Yogyakarta, semoga bisa menjadi media silaturrahim bagi mahasiswa dan alumni Teknik Kimia UAD.

Kamis, 22 Oktober 2009

Kupilih Engkau Dengan Hamdalah


Ilmu Kimia (chemistry) adalah ilmu yang menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Sehingga ilmu kimia lebih mengeksplor seluk beluk dunia kimia. Selain itu skala kecillah yang ada di Kimia MIPA, yakni lingkungan laboratorium dengan skala gram.

Nah sedangkan teknik kimia (chemical engineering) adalah ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan pengetahuan ilmu kimia. Orang teknik kimia dituntut untuk menghasilkan produk-produk kimia dengan seefesien dan sehemat mungkin. Mengingat untuk menekan pengeluaran industri, namun menghasilkan prduk yang sebanyak namun hemat. Beda dengan Kimia MIPA, orang-orang teknik kimia berfikir dalam skala besar alias skala industri, tidak lagi gram-graman namun hingga satuan ton maupun lebih dari itu. Lulusan Kimia MIPA bisa bekerja di laborarium, sebagai guru atau dosen, atau di bagian Kendali Mutu (Quality Control) di pabrik. Sedangkan Lulusan teknik kimia biasa bekerja di pabrik yang memproduksi barang-barang melalui proses kimia, misalnya di pabrik semen, pupuk, kilang minyak, dan sebagainya. Tapi tidak menutup kemungkina seorang lulusan kimia mipa bisa bekerja layaknya lulusan teknik kimia, begitu pula sebaliknya. Namun mereka harus belajar lagi dengan keras karena bukan keahliannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar